Bikin nama pake Bahasa Arab di Facebook


Mungkin Yamli adalah solusi yang terbaik untuk anda yang ingin belajar bahasa Arab. Setidaknya Yamli ialah sebuah search engine yang bisa menerjemahkan bahasa Inggris dalam alfabet / huruf Latin ke dalam hasil pencarian (SERP) beraksara / huruf Arab (Arabic). Jadi, menurut saya, Yamli cukup bisa menjawab kebutuhan banyak orang yang ingin belajar bahasa Arab secara aktif (kalau digabungkan dengan Google Translate).

Tetapi walaupun tidak, paling tidak Yamli dapat mengatasi kendala dan menjawab pengguna internet yang tidak menyukai keyboard yang didesain dengan huruf Arab. Yamli dapat memberikan solusi membantu pengetikan dengan cara memberikan suggestion search dalam aksara Arab ketika kita mengetik sebuah kata (hal ini sama seperti ketika kita mencari di search engine Yahoo ataupun Google Labs) dengan Ajax Mode menampilkan beberapa kata-kata yang mirip2 dengan apa yang kita cari.

Penggunaan mesin pencari Yamli sangat mudah, tinggalkan masukkan seperti biasa kata di dalam bahasa Inggris (tentunya dengan keyboard standard), maka Yamli akan secara tidak kasat mata beroperasi menerjemahkan huruf Latin Inggris ke dalam konversi huruf Arab, kemudian dari situ, mereka menggunakan mesin pencari Google Arabic Version untuk mencari kata yang telah ditransliterasikan dan hasilnya akan dikembalikan ke dalam bahasa Arab. Nah, seru bukan? Selain pencarian konvensional, Yamli juga menyediakan pencarian Images, Video, Blog, Wikipedia dan News. Terdapat juga search box yang bisa kita masukkan dan pasang di blog kita sehingga “mengentertain” pembaca blog yang ingin mencoba search engine yang unik ini. (Sumber : http://www.speedytown.com/kimyong/index.php/2008/10/12/yamli-ketik-pakai-inggris-di-keyboard-muncul-huruf-arabic-di-serp/ )

Berikut ini adalah cara mengganti nama di Facebook kita dengan bahasa arab :
  1. Anda buka www.yamli.com

  2. Tulis nama anda yang akan ditampilkan dalam Facebook. Misalnya anda akan menampilkan nama 'Destia Salma' dalam Facebook anda. Maka, secara otomatis yamli akan maka akan muncul “drop down box” yang berisi aksara Arab yang sama dan hampir sama dengan apa yang sedang kita ketikkan.



  3. Cari tulisan yang sesuai dengan nama anda dalam Bahasa Arab


  4. Setelah itu, blok tulisan arab tersebut kemudian klik kanan pada mouse anda dan pilih Copy


  5. Buka Facebook anda di tab baru window browser anda. Kemudian klik "Pengaturan / Settings" di pojok kanan Facebook anda.


  6. Paste tulisan arab nama anda pada text box 'Nama Depan' dan text box 'Nama Belakang' anda. Misalnya دستي pada Nama Depan dan سلمى pada Nama Belakang. Kemudian isi text box 'Nama Lain Lengkap' dengan nama anda. Misalnya "Destia Salma" agar membantu orang lain menemukan anda yang sesungguhnya.


Komentar

  1. wah kren..bsa laen ma yg laen..hehee
    thanks yah...:)

    BalasHapus
  2. iya donk makanya update terus donk ma blog gw..

    BalasHapus
  3. Iya sama"..liat inffo berikutnya lg y dari blog gw..

    BalasHapus
  4. alhamdulillah..tengqyu mbak..:)

    BalasHapus
  5. blognya cantik sama kaya yg punya, hi.hi.hi.

    BalasHapus
  6. makasih banyak mba'.
    sangat membantu saya. :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Sekian Tutorial dari saya semoga dapat membantu. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam Tutorial saya. Terima kasih atas kunjungannya. Jika anda berkenan berilah komentar pada Tutorial ini. Terima Kasih Sebelumnya.
Hormat saya Destia Salma