MANAJEMEN DAN LINGKUNGAN EKSTERNAL ORGANISASI

bab 3 menyusul ya..

BAB IV


Manajemen dituntut untuk selalu bersikap tanggap dan adaptif, selalu mengikuti dan menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan.

FAKTOR-fAKTOR LINGKUNGAN EKSTERNAL
Lingkungan eksternal dibagi menjadi 2 unsur, yaitu :
  1. Yang berpengaruh langsung (lingkungan ekstern mikro)
  2. Yang berpengaruh tidak langsung (lingkungan ekstern makro)

LINGKUNGAN EKSTERN MIKRO
Yang paling penting adalah para pesaing yang harus dihadapi perusahaan, langganan yang harus dilayani, pasar tenaga kerja, lembaga-lembaga keuangan, para penyedia (Supplies) dan perwakilan-perwakilan pemerintah.

  • Para pesaing (Competition)
  • Langganan (Costumers)
  • Pasar tenaga kerja, organisasi memerlukan karyawan dengan bermacam-macam keterampilan
  • Lembaga keuangan
  • Supplies
  • Perwakilan pemerintah, hubungan organisasi dengan perwakilan pemerintah dengan kompleks

LINGKUNGAN EKSTERN MAKRO
  • Kekuatan-kekuatan diluar tersebut mempengaruhi suatu oragnisasi secara langsung atau secara tidak langsung melalui satu atau lebih unsur-unsur lingkungan ekstern mikro
  • Unsur-unsur lingkungan makri menciptakan iklim
Perkembangan teknologi dalam setiap masyarakat atau industry tingkat kemajuan teknologi berarti pada penentuan produk dan jasa yang akan di produksi, peralatan yang akan digunakan dan bagaimana bermacam-macam operasi akan dikelola.


ORGANISASI DAN LINGKUNGAN
Linngkungan ekstern mempengaruhi manajer-manajer bervariasi menurut tipe dan tujuan organisasi. Karena mempunyai kekuasaan yang lebih besar dan pandangan yang lebih luas.


TANGGUNG JAWAB SOSIAL MANAJER
Berarti bahwa manajemen mempertimbangkan dampak social dan ekonomi didepan pembulatan keputusannya. Tanggung jawab perusahaan itu merupakan salah satu tugas yang harus dilakukan oleh para manajer organisasi perusahaan.

Komentar

Posting Komentar

Sekian Tutorial dari saya semoga dapat membantu. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam Tutorial saya. Terima kasih atas kunjungannya. Jika anda berkenan berilah komentar pada Tutorial ini. Terima Kasih Sebelumnya.
Hormat saya Destia Salma