Karekteristik Sejarah Generasi Komputer

I. Generasi Pertama

Dikarakteristikan dengan fakta bahwa intruksi-intruksi operasi menggunakan bahasa mesin (kode biner yang berbeda) yang menyebabkan computer sulit deprogram dan dibatasi kecapatannya.
Ciri-cirinya: masih menggunakan Vacum Tube (Tabung Hampa Udara) dan silender megnetik.
Contohnya: Z3 (Komputer untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali) dan Colosuss (Komputer pemecah kode rahasia yang digunakan jerman)



II. Generasi Kedua

Pengembangan memori inti magnetic pada computer generasi kedua lebih kecil, lebih cepat dan dapat diandalkan, dapat lebih menghemat energy. Muncul beberapa bahasa pemograman seperti COBOL (Common Business - Oriented Langguage) dan FORTAN (Formula Translator)

Ciri-cirinya: dengan penemuan rnsustor menggantikan Vacum Tube. Komputernya sudah menggunakan bahasa Assembly (singkatan untuk menggantikan kode Binner).

Contohnya : IBM 1401 (Komputer untuk memproses informasi keuangan pada generasi kedua).



III. Generasi Ketiga

Walaupun transistor banyak hal mengungguli Tube Vacum, namun trsnsistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang berpotensi merusak bagian-bagian internal computer. Dan dalam genersi ini mulai adanya Pengembangan sirkuit terintegrasi IC (integrated Circuit).

Ciri-ciri: dengan dikembangkannya IC dapat memasukkan banayak komponen-komponen ke dalam Chip Tunggal yang disebut Semikonduktor, yang menjadikan computer memiliki tampilan yang lebih kecil dan system operasi yang memungkinkan menjalankan berbagai program berbeda secar bersamman




IV. Generasi Keempat

Setelah IC, tujuan pengembangannya pada generasi keempat adalah dengan mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik menjadi:

LSI (Large Scale Integration) = memuat ratusan komponen dalam sebuah chip

VLSI (Very Large Scale Integration) = memuat ribuan komponen dalam sebuah chip

ULSI (Ultra Large Scale Integration) = memuat jutaan komponen dalam sebuah chip

Ciri-ciri: Komputernya menjadi lebih kecil dan dapat diletakkan dimeja, di dalam tas dan digenggam. Dan dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan.



V. Generasi Kelima

Tahap yang masih sangat muda dan sangat sulit didefinisikan. Contoh imagenatifnya adalah computer fiksi HALGOO dengan kecerdasan buatan, hal ini dapat memiliki cukup nalar untuk melakukan percakapan dengan manusia dan teknologi super konduktor untuk memungkinkan aliran elektrik tanpa adanya hambatan apapun.

Komentar

  1. mmm...istri q CP di mana? duh pinter banget ya ayank q komputernya..belajar di mana ya....

    BalasHapus
  2. belajarnya sendiri (otodidak), kuliahnya di stmik jkt

    makasih ya ayah sayang,,,

    BalasHapus

Posting Komentar

Sekian Tutorial dari saya semoga dapat membantu. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam Tutorial saya. Terima kasih atas kunjungannya. Jika anda berkenan berilah komentar pada Tutorial ini. Terima Kasih Sebelumnya.
Hormat saya Destia Salma