Pengenalan HTML

HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language. Dokumen HTML adalah files teks murni yang dibuat dengan editor teks sembarang dan dikenal sebagai web pege. Ada 2 cara membuat web page :
  1. Dengan HTML editor
  2. Dengan teks biasa, seperti notepad / notepad ++
Setelah membuat web page anda harus memberikan nama pada web dokumen tersebut sesuai keinginan anda dan menambahkan ekstensi .htm atau .html , pemberian nama pada dokumen HTML bersifat case sensitive (membedakan huruf besar dan huruf kecil).
Contoh : anda sudah membuat web dokumen dengan nama Destia.html berbeda dengan destia.html

Browser web yang direkomendasikan untuk dapat digunakan belajar HTML adalah Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla Firefox dengan versi 4.0 keatas atau dengan versi terbaru.
Apabila anda sudah merubah suatu file HTML maka tidak ada tampilan yang berubah pada browser anda, gunakan tombol Refresh / Reload browser agar browser dapat membaca page yang telah anda edit.


Tag HTML
Dokumen HTML disusun oleh elemen-elemen. Beberapa contoh elemen adalah : head, body, table, paragraph dan list. Untuk menandai elemen dalam suatu dokumen HTML kita menggunakan Tag. Tag pada html tidak case sensitive (membedakan anatara huruf besar dan huruf kecil). Setiap tag dimulai dengan kurung buka "<...>" dan diakhiri dengan "</...>" Tag umumnya berpasangan, Misalnya <head> dengan </head>.

Ada beberapa elemen yang tidak megharuskan tagnya dituliskan secara berpasangan, salah satu diantaranya adalah :
1. Tag paragraph <p>
2. Tag untuk ganti baris <br>
3. Tag untuk garis datar <hr>
4. Tag untuk list item <li>

Secara umum dokumen web dibagi menjadi 2 bagian, yaitu head dan body. Berikut ini adalah pola dasar dalam setiap dokumen HTML :

<html>
<head>
.. informasi tentang dokumen HTML
</head>
<body>
..informasi yang akan anda tampilkan di web browser
</body>
</html>


Setiap dokumen HTML harus diawali dengan tag <html> dan tag </html> diakhir dokumen. Bagian head berisi judul dari dokumen yang akan ditampilkan pada caption bar dari window browser yang ditandai dengan tag <title> judul </title>. Bagian body merupakan elemen terbesar di dalam dokumen HTML. Berisi tentang dokumen yang akan ditampilkan pada browser. Meliputi elemen paragraph, grafik, link, table, dan sebagainya. Teks antara <head> dan </head> adalah informasi header. Informasi ini tidak ditampilkan pada window browser, hanya teks yang berada diantara <body> dan </body> yang ditampilkan pada browser anda.

Jika dalam suatu tag ada tag lagi, maka penulisan tag akhir tidak boleh bersilang harus berurut. Misalnya pertama kita membuka tag untuk menebalkan tulisan <b> dan untuk memiringkan tulisan <i> maka tag yang harus ditutup terlebih dahulu adalah tag miring </i> dan tag tebal </b>. Contohnya :
<b><i>destia salma</i><b>
tampilannya : destia salma

Tag mempunyai atribut, yang menyatakan sesuatu tentang atribut. Atribut digunakan untuk mengubah default pemformatan dokumen dengan tag yang bersangkutan. Bentuk tag dan atribut secara umum adalah sebagai berikut :

<nametag atr1="nilai_atr1" atr2="nilai_atr2"...>...</nametag>

Contoh : <body bgcolor="red">..</body>
Artinya tag body mempunyai atribut "bgcolor" dengan nilai "red", atribut ini berfungsi untuk memberikan warna baground dengan warna merah. Atribut setiap tag akan berbeda-beda.

Komentar