Mengetik Bahasa Arab dengan Menggunakan Windows Vista



Berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Klik “START” kemudian klik “Control Panel”. Jika system operasi Anda menggunakan Windows XP Anda harus memasukkan CD instalasi Windows XP terlebih dahulu untuk menginstal keybordnya dalam bentuk tulisan arab, pada Windows Vista Anda hanya menambahkan tipe keyboard Arabic (Saudi Arabia) tanpa harus memasukkan CD instalasi Windows Vista.

  2. Kemudian Double Klik “Regional and Languange Options”.


  3. Maka akan muncul window Regional and Language Option dan Pilih tab “Keyboards and Languages”, kemudian klik “Change keyboards”.


  4. Pada tab General di window Text Service and Input Languages, klik “Add” untuk menambahkan bentuk tulisan dalam keyboard Anda. Dan remove untuk menghapus dan list bentuk tulisan yang sudah ada.


  5. Maka akan muncul window Add Input Language dan Pilih “Arabic (Saudi Arabia)”. Pada dropdown list Keyboard checklist “Arabic (101)” atau “Arabic (102)” dan pada dropdown list Other checklist “Ink Corection”.


  6. Maka pada tab General di window Text Service and Input Languages muncul jenis keyboard AR atau Arabic (Saudi Arabia) pada jendela Installed Service itu artinya jenis bahasa yang disupport oleh keyboard untuk pengetikan bahasa arab. Kemudian klik “Apply” dan dilanjutkan dengan klik “Ok”.


  7. Perpindahan pengetikan dari bahasa Inggris (latin) ke bahasa arab dan sebaliknya dengan penekanan tombol Alt + Shift, ditandai dengan icon “Languange Bar” pada Taskbar yang berubah-ubah.


Untuk mengetahui posisi huruf arab pada keyboard ikuti langkah berikut :
Klik Start - All Programs - Accessories - Ease of Access - On-Screen Keyboard
Setelah di klik, maka akan muncul tampilan keyboard visual pada monitor, fungsi dari tool ini adalah sebagai visual dari keyboard.


Untuk merubahnya ke font arab, tekan tombol alt + shift, maka tampilan akan berubah seperti ini:

Untuk mengetik harakat fathah, kasrah, fathatain dan seterusnya silakan tekan tombol shift, maka akan terlihat tanda tersebut, silakan di coba sendiri


Mungkin dengan On-Screen Keybord susah untuk menulis jika tidak hafal urutan keybordnya, untuk itu saya membuat rumusnya agar dapat mempermudah disaat Anda ingin mengetik dengan tulisan arab. Saya membuatnya menggunakan keybord “Arabic (101)” dengan format sesuai abjad huruf hijaiyah :
ا ب ت ث ج ح خ د ذ ر ز س ش ص ض ظ ع غ ف ق ك ل م ن و ء ي

Untuk mendownload rumus mengetik Bahasa Arab silahkan klik disini

Pemberian harokat pada tulisan arab dengan menekan Shift + … , misalnya ingin memberi harokat dhomah, yaitu dengan menekan Shift + E. Untuk menulis tulisan arab dengan menggunakan harakat Anda harus mengetiknya seletah mengetik huruf tersebut. Misalnya : Anda ingin mengetik tulisan “Abi” اَبِيْ dalam bahasa arab langkah yang harus Anda lakukan adalah :
  1. Mengganti language bar dengan menekan tombol Alt + Shift sehingga keyboard Anda difungsikan untuk menulis arab.

  2. Kata-kata “Abi” terdri dari 3 huruf dan 3 harakat, yaitu alif, ba, ya dan fathah, kasroh, dhomah. Jadi, sesuai dengan rumusnya urutan yang harus Anda ketik adalah :
    H - shift+q - F - shift+a - D - shift+x
    maka jadilah seperti ini اَبِيْ jadi Anda harus mengetiknya satu persatu.

Untuk memisahkan agar tidak menyambung hurufnya tekan spasi. Karena tulisan bahasa arab ditulis dari arah kanan maka sebaiknya arahkan align ke arah kanan atau Align Text Right (Ctrl + R) . Untuk mundur ke text sebelumnya kalau dengan tulisan indonesia atau inggris menggunakan panah ke kanan sebaliknya dalam tulisan arab mundur ke text sebelumnya dengan menggunakan panah ke kiri . Begitu pula untuk maju ke text selanjutnya. Tulisan indonesia atau inggris menggunakan panah ke kiri sedangkan dalam tulisan arab menggunakan panah ke kanan .

Komentar