WINRAR

WinRAR adalah sebuah aplikasi untuk kompresi file yang berbasis windows 32 bit. Tipe file RAR bisa mengkompresi file lebih ringkas sekitar 8 hingga 15 persen daripada tipe file saudara tuanya yaitu ZIP.

WinRAR mempunyai keunggulan dalam mengkompresi banyak file menjadi hanya satu file RAR untuk keperluan download, upload ataupun e-mail attachment. Selain itu juga kemampuannya cukup untuk mengkompresi file berformat audio dan juga video.

Misalkan Anda ingin mengirim sebuah file atau berbagai macam file ke pada teman Anda melalui Email, maka untuk mempermudah mengupload file-file tersebut Anda bisa menggunakan WinRAR untuk mengkompresinya karena hanya menjadi 1 file yang berbentuk RAR yang di upload. Dan kapsitas menguploadnya juga lebih dekit ringan karena sudah di kompres.

Dan yang paling penting, aplikasi WinRAR bisa membaca tipe file ZIP, sedangkan kebanyakan aplikasi berbasis ZIP belum tentu bisa membaca tipe file RAR.


Cara mengeluarkan file yang sudah berbentuk RAR atau ZIP adalah sebagai berikut :

  1. Anda harus menginstal aplikasi WinRAR terlebih dahulu di komputer / laptop Anda. Untuk itu Anda harus mendownloadnya disini kemudian klik gambar seperti disamping :
  2. Setelah anda download maka bentuk filenya seperti gambar dibawah ini :
  3. Kemudian Instal, setelah di instal. Setelah mendownload file yang berbentuk RAR atau ZIP , klik kanan dan pilih Extract Here atau Extract File. Extarct Here berfungsi untuk langsung mengextract file tersebut di dalam satu direktori atau di dalam folder yang sama dengan file yang berbentuk RAR yang akan anda extract. Sedangkan, Exract Files berfungsi untuk mengextract file tersebut dalam folder atau direktori yang berbeda.
  4. Maka folder yang sudah di extract dalam file RAR akan keluar, dan tampilannya adalah sebagai berikut :



Cara mengkompersi sebuah file dalam bentuk RAR atau ZIP :
  1. Pilihlah salah satu file yang ingin Anda kompres menjadi RAR, jika Anda ingin mengkompres beberapa file maka kumpulkanlah dalam 1 folder agar mudah mengkompresnya. Kemudian klik kanan pada file atau folder yang Anda akan kompres ke RAR, pilih Add to “Manajement.Rar”
  2. Tunggu lodingnya maka file Anda akan berbentuk RAR, seperti gambar dibawah ini :

Komentar

Posting Komentar

Sekian Tutorial dari saya semoga dapat membantu. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam Tutorial saya. Terima kasih atas kunjungannya. Jika anda berkenan berilah komentar pada Tutorial ini. Terima Kasih Sebelumnya.
Hormat saya Destia Salma