Washing & Care Label Tips



Kita tentunya sering menemui tanda petunjuk pencucian pakaian yang terjahit pada bagian dalam pakaian kita. Tanda itu disebut Care Label. Banyaknya macam bahan dan variasi desain pakaian membuat para pembuat pakaian mencantumkannya sebagai petunjuk agar karya mereka tetap apik walaupun telah dicuci berkali-kali.

Washing Instruction :
memberi petunjuk tentang mencuci. Dari instruksi suhu air, boleh dicuci mesin atau menggunakan tangan sampai ke jenis putaran mesin cuci.


Bleaching Instruction :
memberikan instruksi apakah pakaian seharusnya diberi pemutih (bleach) atau tidak.



Drying Instruction :
memberi petunjuk bagaimana cara mengeringkan pakaian dengan mesin pengering.



Ironing Instruction :
memberi petunjuk bagaimana perlakuan setrika terhadap pakaian.



Drycleaning Instruction :
memberi petunjuk bahwa pakaian tersebut harus mendapat perlakuan cuci kering (dryclean) atau tidak.



Simbol mencuci ini dibuat karena bahan pakaian ini bermacam-macam, ada yang dari serat alami, serat buatan. Mencuci, mengeringkan, menyetrika harus dilakukan dengan cara yang benar, agar pakaian kamu tidak cepat “rusak”, atau warnanya berubah.

Simbol untuk pakaian tersebut sama untuk semua negara, ditetapkan sebagai standar Eropa dan
Canada. Terbagi menjadi 4 (empat) bagian besar, yaitu bagaimana cara mencuci "dry cleaning " (simbol lingkaran), menyetrika (simbol setrika), Mencuci (simbol air di bak), dan juga memutihkan (simbol segitiga).


Kadangkala pada bagian mencuci ditambah juga tentang cara “meneringkan” atau disebut juga “DRY” (simbol kotak). Dan untuk mengeringkan juga terdapat simbol tambahan yaitu “memeras” atau “WRING”


Jika simbol itu diberi tanda silang, berarti “tidak boleh dilakukan” misal ada simbol gambar setrika yang disilang, itu berarti baju kamu tidak boleh disetrika.

Simbol yang ada juga diberi “tambahan” keterangan sesuai kebutuhan, misal tambahan angka temperatur suhu yang diijinkan bagi air untuk mencuci, dan juga suhu setrika yang diperbolehkan. Juga ada simbol titik yang menyatakan semakin banyak titiknya, semakin tinggi temperatur (misal pada simbol setrika)


Komentar