. P s o r i a s i s .

Psoriasis adalah penyakit kulit dengan pergantian kulit yang teralu cepat. Muncul secara hilang timbul, tidak mengancam jiwa, tidak menular, tetapi dapat menurunkan kualitas hidup seseorang bila tidak dirawat dengan baik.

Bagaimana proses pergantian kulit yang normal?
Kulit manusia juga seperti makhluk hidup lainya tidak hanya terdiri satu lapisan saja, tetapi berlapis-lapis. Lapisan paling dalam merupakan pembentukan sel kulit yang disebut lapisan basal. Proses pematangan sel kulit biasanya berlangsung 3 - 4 minggu. Pergantian ini berjalan terus menerus selama hidup yang merupakan siklus pergantian kulit.

Bagaimana dengan Psoriasis?
Pada psoriasis pergiliran sel kulit berjalan teralu cepat yaitu sekitar 3 - 4 hari, selain itu jumlah sel yang dihasilkan juga lebih banyak.

Mengapa pergantian kulit Psoriasis berjalan teralu cepat?
Penyabab sel kulit bertingkah laku di luar kebiasaan secara langsung belum ditemukan, namun pemicu Psoriasis dapat diperkirakan.

Apakah pemicu Psoriasis?
Berbagai keadaan yang dapat memicu munculnya Psoriasis :
  • Garukan, gesekan, dan tekanan yang berulang – ulang, misalnya : pada saat gatal digaruk teralu kuat atau penekanan anggota tubuh teralu sering pada saat beraktivitas. Bila Psoriasis yang sudah muncul kemudian digaruk atau dikorek maka akan menyebabkan kulit bertambah tebal dan merah.
  • Obat telan tertentu, antara lain obat anti hipertensi dan antibiotic.
  • Mengoleskan obat teralu keras pada kulit.
  • Emosi yang tak terkendali.
  • Sedang mengalami infeksi saluran nafas bagian atas, yang keluhannya dapat berupa demam, nyeri menelan, batuk, dan beberapa sakit infeksi lainnya.
  • Makanan berkalori sangat tinggi sehingga badan terasa panas dan kulit menjadi merah, misalnya yang mengandung alcohol.

Apakah Psoriasis dapat diatasi?
Karena penyebabnya belum diketahui secara pasti, kesembuhan secara sempurna belum dapat dicapai. Namun kulit Psoriasis dapat mulus, karena siklus kekacauan pergiliran sel kulit kadang-kadang menjadi normal. Atau dapat diatasi dengan obat, keadaan inilah yang disebut masa remisi. Untuk mencapai keadaan remisi itu diperlukan kerjasama yang baik dengan dokter yang merawat.

Para ilmuan kedokteran diseluruh dunia hingga kini terus berjuang untuk mencari penyebab Psoriasis dengan tujuan agar dapat menyembuhkannya secara sempurna.
Psoriasis belum dapat disembuhkan artinya belum ada penderita yang 100% terbebas dari penyakit ini , pengobatan yang ada hanya untuk menekan gejala Psoriasis ini, memperbaiki keadaan kulit, mengurangi rasa gatalnya. Penderita Psoriasis tidak bisa berhenti dari pengobatan, ada pengobatan lanjutan sebagai pemeliharaan yang diberikan dalam jangka waktu lama untuk mempertahankan kondisi dan juga untuk mengontrol timbulnya kelainan kulit yang baru.

Bagaimana rupa kulit Psoriasis?
Awalnya berupa bintik merah yang makin melebar dan ditumbuhi sisik lebar putih berlapis-lapis. Tumbuhnya tidak selalu diseluruh bagian kulit tubuh, terdapat hanya pada setempat-tempat saja, karena pergiliran sel-sel kulit dibagian lainnya berjalan normal. Psoriasis pada kulit kepala menyerupai ketombe, sedangkan pada lempeng kuku tampak lubang-lubang kecil, rapuh atau keruh. Penyakit Psoriasis dapat disertai dengan atau tanpa rasa gatal. Kulit dapat membaik seperti kulit normal lainnya setelah warna kemerahan, putih atau hitam bekas Psoriasis menghilang.

Apakah ada komplikasi Psoriasis?
  • Psoriasis dapat menyerang sendi (Psoriasiartropati)
  • Psoriasis bernanah (Psoriasis Postulosa)
  • Seluruh kulit menjadi merah disertai badan menggigil (Eritroderma)

Bagaimana keadaan ini dapat terjadi?
Karena perluasan Psoriasis misalnya, pada keadaan tidak dirawat atau merawat secara salah. Bila masuk dalam komplikasi tersebut dapat dicegah dengan pengobatan yang cepat dan tepat. Kesehatan organ tubuh dalam selama ini dapat diperkirakan cukup aman, kecuali memakai obat yang tidak tepat atau tidak terkontrol secara baik.

Bagaimana pengobatan Psoriasis saat ini?
Obat yang diberikan bertujuan untuk mengurangi kecepatan pergiliran sel kulit. Bila obat tersebut manjur, dapat menampilkan kulit mulus atau memperbaiki keadaan. Pengobatan Psoriasis biasanya dilakukan dengan berbagai cara mulai dengan salep oles (topical), obat telan (sistemik) maupun dengan penyinaran menggunakan sinar UVB. Baik pengobatan salep maupun penyinaran hanya membantu meredam penyakit tersebut dan tidak menyembuhkan sama sekali, sehingga sewaktu-waktu penyakit ini dapat timbul kembali. Saat ini hanya ada beberapa rumah sakit di Indonesia yang menyediakan pengobatan melalui penyinaran UVB ini, karena besarnya biaya yang diperlukan untuk menyediakan peralatan tersebut.

Hal – hal yang harus diperhatikan oleh penderita Psoriasis :
  1. Jangan berlaku emosional karena Psoriasis dapat diatasi.
  2. Kunjungi dokter, catat obat yang diberikan.
  3. Obat dapat sangat menolong, tetapi selalu mempunyai efek samping dari tingkat yang ringan sampai berat, oleh karena itu tanyakan sejelas-jelasnya kepada dokter.
  4. Patuhilah cara pemakaian obat agar hasil yang memuaskan dapat dicapai.
  5. Ingat factor pencetus, yang sudah dijelaskan di atas. Bila muncul Psoriasis baru segera hubungi dokter.
  6. Makanlah, makanan-makanan yang seimbang. Jangan lupa makan sayur dan buah-buahan.
  7. Jagalah berat badan agar tetap ideal.
  8. Sebaiknya tidak merokok, karena berdasarkan penelitian akan memperberat Psoriasis.
  9. Cukup tidur dan luangkan waktu untuk bersantai.
  10. Jangan segan-segan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter secara terbuka.

Untuk lebih jelasnya tentang informasi Psoriasis hubungi website berikut : www.psoriasis.or.id

Komentar