Membuat Blogger Baru


Blog adalah berupa singkatan dari web log, merupakan sebuah aplikasi web memuat tulisan-tulisan atau posting-posting pada sebuah webpage umum. Blog sekarang ini berfungsi sebagai catatan harian seseorang, pendapat-pendapat akan sebuah fenomena yang terjadi, atau bahkan ada yang menawarkan baik barang maupun jasa. Lebih jelasnya silakan buka di http://id.wikipedia.org/wiki/Blog.

Salah satu situs penyedia Blog adalah www.Blogger.com yang dimiliki oleh PyraLab yang akhirnya diakuisisi oleh Google.com sehingga user yang telah memiliki account gmail (google mail) akan dengan mudah bisa membuat dan memiliki sebuah Blog tanpa harus mempunyai account baru, cukup dengan memakai sebuah account saja, yaitu account gmail. Dengan kata lain, sebelum kita bisa membuat Blog baru di Blogger.com di wajibkan mempunyai email di Google dulu.

Cara membuat Blog di Blogger.com
  1. Buka link : http://www.Blogger.com
  2. Jika Anda sudah mempunyai Account di Gmail Anda dapat langsung Login atau sign in pada bagian kanan atas dengan account gmail Anda (username dan password account gmail), lalu klik sign in. Jika Anda baru pertama kali membuat sebuah Blog di Blogger.com maka langkah selanjutnya adalah mendaftar untuk Blogger. Dengan mengklik “Get Started” / “Memulai”

  3. Berikut ini adalah tampilan langkah-langkah ketika Anda belum mempunyai account di gmail. Anda harus membuat account gmailnya terlebih dahulu baru Anda dapat mendaftar untuk Blogger.

  4. Namun jika Anda sudah mempunyai account di gmail, setelah Anda sign in tampilannya akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

    Isilah nama Anda di bagian “Nama Tampilan”. Bagian ini akan muncul di halaman Blog di bagian “About Me”. Tuliskan nama asli Anda pada textbox tersebut sebagai identitas dalam profil blggger Setelah selesai, silakan klik “Lanjutkan” / “Countinue”.

  5. Langkah selanjutnya adalah “Name Your Blog” / ”Beri nama blog Anda”. Di bagian ini kita di wajibkan untuk membuat sebuah nama untuk Blog kita.
    • Blog Title / Judul Blog : Nama dari Blog Anda. Isilah nama yang Anda inginkan. Blog title ini akan ditampilkan di bagian atas dari Blog sebagai judul blog Anda secara keseluruhan.

    • Blog address (URL) / Alamat Blog(URL) : Nama dari link Blog Anda. Isilah atau pilihlan nama yang Anda inginkan. Nama ini akan di pakai untuk membuka Blog Anda dalam bentuk URL (misal : http://fisikascience.Blogspot.com ). Anda bisa klik “Check Availability” untuk menge-check apakah nama yang Anda pilih bisa dipergunakan atau tidak. Jika nama yang Anda pilih tidak di perbolehkan maka akan muncul pesan error seperti pada gambar dibawah ini.


  6. Yang artinya “Maaf, alamat blog ini tidak tersedia Harap pertimbangkan salah satu dari berikut ini: “ . Sedangkan jika nama pilihan Anda di perbolehkan oleh Blogger.com, maka akan muncul pesan “This blog address is available” / “Alamat blog ini tersedia”. Selanjutnya klik “Lanjutkan” / “Countinue”.


  7. Langkah selanjutnya adalah “Choose Template” / ”Pilih Template awal”. Memilih salah satu template yang telah tersedia. Klik di gambar pada template yang Anda inginkan. Jika Anda kurang puas dengan template yang tersedia Anda bisa merubahnya sesuka Anda pada tab “Percancangan” setelah blog Anda selesai dibuat.

  8. Selesai langkah anda untuk membuat sebuah Blog. Jika anda ingin langsung mencoba mengisi Blog tersebut, silakan klik “Start Posting” / “Mulai Blogging”.
Tampilan gambar dapat berubah seawaktu-waktu karena ada perubahan maupun penambahan aplikasi dari Pyralab itu sendiri, jadi jangan heran pada saat Anda membuka blogger.com lagi tampilannya tidak sama dengan gambar pada tutorial ini.

Komentar