2019 Review Dokter Kandungan di daerah Ulujami, Jakarta Selatan

Karena ini adalah pengalaman pertama menjadi seorang ibu, jadi harus banyak cari informasi dan review orang-orang tentang pengalaman kehamilan mereka sampai melahirkan. Mulai dari review dokter sampai ke review harganya, karena kadang klo orang bilang dokternya bagus, tapi menurut kita ngak cocok ya mending cari second option yang lain.

Tapi,, sampai detik ini pun aku belum memutuskan mau lahiran dimana, sambil muter-muter periksa dulu di tempat-tempat lain yang menurut orang-orang di sekitarku bagus.

So far ini adalah list rumah sakit di daerah ulujami-pesanggrahan dan sekitarnya yang udah pernah aku kunjungi sampai di 21 weeks kehamilan ini :

1. RSIA Kartini

Sebelum liburan tahun baru 2018, aku sempat terlambat datang bulan. terus dicoba testpack 2 kali ttp hasilnya POSITIF, akhirnya memberanikan diri untuk periksa ke RSIA Kartini dan ketemu sama Dr. B****ng.

Sejak menikah ini kali pertamanya kita ke dokter kandungan, untuk ngecek apakah beneran positif apa ngak. Tapi pas ketemu dokternya malah nnya "Kamu beneran udah di test positif?ini ngak ada kantongnya, ngak hamil kamu" . lah kita kan ke dokter justu mau ngecek, kenapa dia malah tanya balik yang bikin kita jadi bingung. Akhirnya kita disuruh balik lagi setelah 2 minggu untuk memastikan apakah sudah ada atau belum.
Tapi memang ini dokternya bikin aku drop banget karena di udah vonis duluan aku ngak hamil, padahal udah sangat exited bgt klo aku hamil. aku memang tergolong siklus yang panjang bisa lebih dari 50 hari dalam sebulan, dan aku ngetestnya waktu itu pas udah lebih dari 50 hari. Jadi udah yakin banget klo aku tuh hamil.
Akhirnya blm ada 2 minggu kluar flek dan akhirnya mens seperti biasa, jadi ngak hamil, tapi sehari setelah itu malemnya perutku mules bgt mungkin sampe 30 menit lebih, dan paginya keluar seperti gumpalan darah yang banyak. aku juga ngak tau apakah ini yang namanya keguguran atau bukan.

Karena banyak saran suruh cek lagi takut masih ada gumpalan yang tersisa. aku cek lagi ke RS ini, tp dengan dokter yang beda. karena dokter yang kemarin bikin aku down bgt. harusnya dokter bisa memilih kata" yang lebih enak di dengar oleh pasien. tidak membuat pasien kecil hati dengan penjelasannya. Akhirnya aku putuskan cek ke Dokter Flora. Alhamdulillah setelah di cek rahimku sudah bersih dan dia memberikan penjelasan yang menenangkan ketika di periksa.
"Mungkin memang benih yang ketemu masih belum bagus, dan klo belum ada setahun menikah masih wajar, nnt klo sudah lebih dari 1 tahun boleh ikut promil"

Setelah itu aku dikasih obat Folavit yang isinya asam folat untukku dan Biosan untuk suamiku. So far sih secara pelayanan rs kartini masih bagus sih. Tapi karena sudah kecewa dengan dokternya dan banyak juga yang review kurang bagus dengan RS ini, jadi aku jadi ngak mau balik lagi ke RS ini. Padahal dulu aku lahir di RS ini juga tahun 90an.
  • Pelayanan : Asuransi, Pribadi, BPJS
  • Cara Daftar : sekarang sudah bisa daftar online sepertinya klo lihat dari webnya 
  • Biaya Dokter Kandungan 2018 : antara 150.000 - 200.000 *aku lupa juga
RSB Kartini 
Jl. Ciledug Raya No. 94-96, Cipulir Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12230 
Telepon  021-7245646, 021-7207828 

2. RS. Muhammadiyah Taman Puring 

Setelah cerita kelabu kemarin, kita memang berencana liburan tahun baru 2019 khusus untuk liburan karena suami sudah libur mengajar dan aku ngambil cuti karena banyak tanggal kejepitnya. Kita putuskan untuk honeymoon selama seminggu. Selama disana kita memang rutin untuk minum si biosan dan folavit. Ditambah lagi liburan kali itu kita memang ingin refreshing dari kerjaan rutinitas harian, dan kebetulan sekali waktu liburan itu aku sedang masa subur jadi ini memang waktu yang pas sekali untuk honeymoon kedua. 😀😀 Pulang dari malang sebulan setelah itu aku tak kunjung datang bulan, sampai bulan januari. Karena trauma dengan testpack sendiri, waktu sudah telat datang bulan aku biarkan saja dulu ngak mau test-test. Sampai akhirnya aku jatuh sakit, trs suami dengan PDnya bilang "ini sakit hamil ni kyknya", bener aja pas di testpack garis duanya sudah kereng banget.

Akhirnya dengan kondisi masih pusing dan sedikit demam kita cek ke RS Muhammadiyah. Kenapa kesini karena selain lebih dekat dengan rumah dan klo pulang kantor dari Blok M pasti ngelewatin RS ini jadi ngak harus macet-macetan klo mau periksa kesini.
Pertama periksa setelah klo telat datang bulan dan udah mulai merasakan demam tinggi serta pusing, aku periksa pertama ke Dokter Agus. Pas tau beneran hamil dan pas periksa kantong janinnya udah keliatan, Alhamdulillah seneng bgt, akhirnya setelah liburan tahun baru sama suami ke Malang, berhasil juga 💓💓💓, padahal niatnya klo pulang dari malang belum berhasil juga aku mau coba promil di RS ini juga sama Dokter Prima.

Kesan pertama ketemu sama Dokter Agus sih orangnya ramah, ngak banyak larangan klo hamil, tapi orangnya agak pendiem gimana gitu. Menurut aku sih kurang ngasih penjelasan bgt ya buat kita yang akan jadi orang tua baru. So far sih klo kita nanya dia selalu jawab sih, tp kyknya kurang detail gitu klo lagi cek USGnya dan baca hasil lab. Sedangkan aku tuh lebih suka dokter yang banyak penjelasan, ramah dan informatif. Akhirnya bertahan sampai lulus trisemester pertama sama Dokter Agus.

Masuk ke trisemter kedua, masih mencoba di RS Muhammadiyah juga, tp we try to find another doctor. Karena ada review tentang Dokter Natsir bagus dan katanya udah teman yang lahiran normal sama dokter ini, akhirnya kita memutuskan untuk periksa ke Dokter Natsir.
Orangnya lebih humble dan warm ya pas pertama kali ketemu banyak bercandanya dan banyak omong juga, tidak sependiam Dokter Agus, bahkan masih sempat-sempatnya ngobrol politik pas kita masih konsultasi 😅 . So far aku sih sama suami cocok sama Dokter Natsir dari segi komunikasi, tp klo pas periksa USG ngak begitu detail, mungkin karena dia merasa tidak ada yang bermasalah dengan janin ku kali ya, jadi yang di cek hanya ukuran janin berapa minggu dan posisi janinnya saja.

Klo dari segi pelayanan dan proses pendaftarannya memang sudah lumayan bagus, antrian dokternya juga tidak sebanyak klo kita ke RS lain, karena RS ini hanya menerima Asuransi dan Pribadi saja, tidak menerima BPJS. Jadi tidak seramai RS yang menerima BPJS.
  • Pelayanan : Asuransi dan Pribadi
  • Cara Daftar : via WhatsApp dan dateng ke RS buat daftar ulang dan dapet nomor antrian
  • Biaya Dokter Kandungan 2019 : antara 150.000 - 200.000 
  • Biaya USG 4D : 800.000 , USG 2D tidak diprint : 90.000, USG 2D diprint : 150.000
  • Biaya cek lab untuk HB, Urine, HIV, TORC : 800.000 
  • Senam Hamil setiap hari sabtu jm 09.00 dan 14.00. Biaya tiap pertemuan 50.000 
RS. Muhammadiyah Taman Puring 
Jl.Gandaria I No.20 Kebayoran Baru Jakarta Selatan
Telp.021-7208358 Fax.021-7234823
WhatsApp/SMS 081218674236 (Untuk pendaftaran)
Instagram : https://www.instagram.com/rsmuhammadiyahtampur/
Facebook : https://www.facebook.com/muhammadiyahtamanpuring/

3. Puskesmas Ulujami

Akhirnya setelah menggunakan asuransi kantor untuk periksa kandungan, budget untuk maternity mulai berkurang. aku berpikiran untuk coba periksa ke puskesmas dengan BPJS. yang bikin males pake BPJS ini adalah sistem rujukannya yang bikin pegel ngurusnya. Sebenernya puskesmas paling dekat dengan rumah adalah Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan yang ada di daerah palem. Karena Faskes 1 aku ada di Puskes Ulujami, jadi pas mau daftar di Puskes Pesanggrahan langsung auto ditolak, dan disuruh periksa ke Puskes Ulujami dulu buat minta surat rujukan. (baru tingkat puskes aja udah rempong ya)

Ok karena penasaran dengan kondisi si kakak didalam perut yang udah beberapa hari diajakin puasa, aku putuskan untuk dateng pagi-pagi ke puskes ulujami untuk ambil antrian. Tiba di puskes jam 7 dapet antrian nomor 4. katanya selama bulan puasa jam mulai periksa dimulai dari jam 7 tapi ternyataaaaa nomor antrian pertama baru dipanggil jam 8 lewat. Lama bgt nunggunya karena bidannya masih beres-beres dululah apalah, kan kasian itu ibu-ibu hamil pada nunggu semua di ruang tunggu.

Tiba saatnya urutan nomorku dipanggil tepat di jam 9 (dua jam donk nunggunya aja udah bete 😑), pertama ketemu sama bidan (puskesmas ternyata ngak ada dokter spesialis cuma bidan ya, aku juga baru tau) orangnya sih betawi bet dah, dan enak sih diajak ngoborol. Karena aku baru pertama kesini jadi dia wawancara dulu tuh ttg riwayat kesehatan aku, terakhir datang bulan dll. Agak lama tuh tanya"nya, sampe akhirnya disuruh tiduran buat di periksa. Yang bikin shock adalah karena aku biasa di USG dari periksa kehamilan pertama, disini tuh ngak ada alat USGnya tapi cuma pake Dopler (alat pendeteksi detak jantung bayi). Agak kecewa juga sih dengan pelayanan yang superlama ini cuma denger detak jantung si kakak sebentar. Alhamdulillah dibawa puasa, detak jantungnya masih ada walaupun kadang gerakan si kakak berkurang selama aku puasa.

Setelah dicek pake Dopler aku disuruh periksa ke dokter gigi yang ruagannya masih di situ juga, karena aku udah kesiangan ke kantor, sebelum ambil antrian gigi aku tanya sama petugas yang jaga antrian di dokter gigi, dia malah bilang : "kenapa giginya? klo ngak kenapa" g usah ambil antrian, sini biar saya cek dulu" hahahha selamatlah dari antri lagi. Karena emang dari mulai hamil belum ke dokter gigi sih, cuma gigi aku ngak ada yang bolong, karena yang bolong sudah di cabut dan memang belum ditambah dengan gigi palsu buat di geraham.

Beruntunglah aku dateng pas di hari rabu, karena ternyata periksa kehamilan cuma ada 2 hari dalam seminggu dan test lab hanya buka 1 hari dalam seminggu, aku disuruh balik kesini di hari jum'at untuk periksa dan test darah karena mereka buka semua. Sebelum dateng kesini aku sempat lihat review onlinenya klo pelayanan disini lambat makanya aku sempet mau ganti faskes 1 sebelum kesini pake aplikasi JKN Mobile tapi setelah mengikuti instruksi pindah faskes, tadinya aku mau pindah faskes 1 ke Puskes Pesanggrahan tap ternyata disitu sudah penuh semua, jadi ngak bisa ganti faskes.

Setelah periksa dari puskes ulujami, dari aplikasi JKN Mobile sudah terekam data kita klo kita sudah mengunakan layanan BPJS di pusekes ulujami dan langsung diminta kritik dan saran tetang pelayanannya. (Keren juga ini sudah online). Aku ada niat juga mau periksa di Puskes Pesanggrahan tp tidak menggunakan BPJS, mending lewat umum aja dari pada harus membuat rujukan ribet itu. Klo kita sudah periksa selama kehamilan di puskes ulujami, nnt ketika lahiran mereka akan memberikan rujukan otomatis untuk melahirkan di puskes pesanggrahan, karena peralatan di puskes pesanggrahan lebih lengkap dari pada di puskes ulujami.
  • Pelayanan : BPJS & Umum
  • Jadwal Kebidanan : Hanya Rabu dan Jum'at , Laboratorium hanya di Hanya buka di hari Jum'at
  • Pendaftaran : Offline, ambil antrian dibuka dari jam 7 pagi 
Puskesmas Kelurahan Ulujami
Jl. Ulujami Raya No. 17, Ulujami, Pesanggrahan, RW.7, Ulujami, Pesanggrahan, Jakasel 12250 (Posisi ada di samping Gedung kelurahan ulujami, gg masuk sebelum Ponpes Darunnajah) 

4. BWCC (Bintaro Women and Child) Klinik

Sebenernya aku tau klinik ini dari temenku yang pernah periksa di RS Harapan Kita, klinik ini punya salah satu dokter yang praktek disana. Dari pada aku harus ke Harapan Kita yang jaraknya lumayan jauh dari rumah, aku coba buat kesini dan banyak yang review periksa dan USG disini lumayan murah, Ternyata memang benar lebih murah jika dibandingkan dgn RS. Muhammadiyah.

Akhirnya kesini juga karena waktu itu aku sudah 3 hari pup dengan rasa mules. Pas bgt hari minggu itu aku masih mules walaupun sudah pup. Entah karena salah makan atau karena minum susu, tp pagi itu mulesnya belum hilang-hilang juga, padahal aku masih 20 weeks jd ngak mungkin klo udah mau lahiran kan. Seteleah cek semua jadwal RS yang aku tau, ngak ada dokter yang praktek hari minggu kecuali di BWCC. Abis subuh langsung tancap gas kesini, dengan pedenya klo ada dokter pagi hari minggu, ternyata dokter hari minggu adanya yang jam 10 pagi dan jam 4 sore. walhasil, karena ternyata mulesnya sudah mulai berkurang aku cuma daftar aja buat yang jam 4 sore - 9 malem.

Jam 7an aku balik lagi kesini dan mendapat antrian nomor 23 oleh Dokter Pramety. Sejam menunggu antrian dan akhirnya aku bertemu dengan dokter Pramety. Pertama ketemu dokternya ramah bgt, pas periksa USG aku kaget juga dia menjelaskan dengan detail tiap organ yang terlihat dimonitor. jadi kita sebagai orang tua baru yang bingung liat gambar hitam putih itu jadi tau apa yang terjadi didalam kandunganku. Luar biasaa aku seneng bgt sama tiap penjelasan yang diberikan, jadi aku tau klo si kakak sudah tumbuh dengan sehat dan sempurna ditubuhku walaupun aku hanya melihatnya dari gambar 2D, jadi ngak perlu repot" cek ke fetomaternal karena memang sebenrnya 2D saja sudah cukup jika si dokter memberikan penjelasan dengan sedetail ini. karena sebelumnya yang di cek hanya lingkar kepala dan posisinya saja. Pokoknya mantap deh Dr. Pramety ini. jadi bikin nagih lagi mau cek USG kesini.
  • Pelayanan : Asuransi dan Pribadi
  • Cara Daftar : Hanya bisa via tlp dan bayar biaya admin 30.000 sblm kedatangan dan kirim bukti transfernya via email, nnt nyampe sana nimbang dan dapet no antrian. Pendaftaran by phone mulai buka jam 7 pagi 
  • Biaya Dokter Kandungan 2019 : 160.000
  • Biaya USG 2019 : 70.000 dan sudah di print Biaya USG 4D : 500.000 hanya print saja tidak ada CD 
  • Prenatal Yoga setiap hari Minggu. Biaya tiap pertemuan 150.000 
Bintaro Women And Children Clinic
Jl. Maleo Raya Blok JC 1 No. 6, Pd. Pucung, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15229
Telp :(021)7450873 / 081285858895 / 081292213325 (Untuk pendaftaran)


Next
Bamed Meruya

Komentar